Monday, September 8, 2014

Media sosial adalah untuk membuat perubahan besar sebagai hasilnya



Media sosial masih cukup baru sehingga banyak eksekutif bertanya-tanya apa itu, bagaimana dampak jangka panjang yang akan terjadi pada bagaimana bisnis dilakukan. Apakah layak untuk ikut pada media sosial? Atau sebaliknya, apakah bijaksana untuk tidak melompat, tetapi menunggu sampai ada kejelasan apakah media sosial di sini untuk tinggal?

Kedua pertanyaan ini memiliki jawaban satu kata.

Langsung.

Ini bukan sekedar pendapat saya. Hal ini dibagi oleh banyak eksekutif yang telah ikut serta. Laporan bisnis sosial kami terbaru menunjukkan bahwa 67% dari eksekutif berpikir bahwa media sosial memiliki kesempatan untuk secara mendasar mengubah bisnis mereka. Jumlah itu lebih tinggi bagi perusahaan yang berasal dari bisnis teknologi ini. Alasan kuat, berakar pada konsep dasar ekonomi dan strategi bisnis, mendukung keyakinan ini bahwa media sosial secara fundamental akan membentuk kembali tidak hanya organisasi individu, tetapi juga lingkungan bisnis secara keseluruhan.

Seharusnya tidak mengejutkan bahwa teknologi media sosial bisa memiliki dampak transformatif pada bisnis, karena teknologi informasi telah mengubah bentuk bisnis modern selama beberapa dekade. Dampaknya pertama kali dirasakan di industri keuangan dengan pengenalan ATM pada tahun 1960 dan 1970-an dan awal dari algoritma perdagangan kecepatan tinggi pada 1980-an. Pada 1990-an, perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) sistem mulai mengubah operasi internal perusahaan di berbagai industri.

Baru-baru ini perusahaan, teknologi internet telah memungkinkan untuk mengintegrasikan informasi mereka untuk berbagi lebih erat dengan organisasi lain, menciptakan kesempatan untuk spesialisasi yang lebih besar, peningkatan outsourcing dan globalisasi. Media sosial hanyalah langkah berikutnya dalam tren teknologi ini mempengaruhi bentuk bisnis.

Teknologi media sosial mungkin sangat mengganggu untuk bisnis, karena mereka merusak beberapa alasan utama mengapa perusahaan bertahan atau berkembang. Salah satu sumber daya utama kompetitif untuk organisasi modern adalah pengetahuan, dan integrasi pengetahuan - kemampuan untuk menggabungkan, pertukaran dan mengintegrasikan pengetahuan yang beragam karyawan - adalah fungsi kunci dalam setiap perusahaan. Membuat orang untuk mengkoordinasikan pengetahuan dan bekerja sama dalam tugas bersama secara inheren sulit, dan perusahaan telah menjadi mekanisme terbaik untuk memungkinkan jenis kolaborasi penting untuk membuat, menyimpan dan menerapkan pengetahuan yang berharga.

Namun media sosial kini penuh dengan contoh-contoh perusahaan yang memungkinkan integrasi pengetahuan di luar batas-batas organisasi tradisional. Wikipedia dan perangkat lunak open source mungkin adalah contoh klasik, di mana kelompok-kelompok relawan datang bersama-sama untuk menciptakan produk yang secara langsung menantang pesaing diproduksi secara komersial.

Bahkan dalam organisasi yang lebih tradisional, integrasi pengetahuan semakin terjadi batas-batas perusahaan luar. Masyarakat pelanggan dukungan Online, seperti yang dibuat oleh SAP dan Dell, memungkinkan pelanggan untuk berbagi pengetahuan dengan satu sama lain dan membutuhkan keterlibatan karyawan minimal. Sebagai media sosial yang semakin memungkinkan integrasi pengetahuan terjadi di luar dan melintasi batas-batas organisasi tradisional, itu akan mengubah aspek-aspek fundamental perusahaan dan bagaimana hal itu dikelola.

Fungsi penting lainnya dari perusahaan adalah untuk menurunkan biaya transaksi. Hal ini terlalu mahal dan memakan waktu untuk beralih ke pasar untuk setiap aspek produksi. Sebaliknya, perusahaan mengolah sendiri tersedia, di-rumah akuntansi, pengadaan, pemasaran, atau R & D departemen, untuk memfasilitasi transaksi penting dan merampingkan operasi mereka.

Media sosial juga menurunkan biaya transaksi tersebut. Munculnya apa yang disebut kolaborasi ekonomi memungkinkan perusahaan seperti Uber, Airbnb, dan TaskRabbit untuk menciptakan pasar yang memungkinkan orang untuk memotong perusahaan tradisional yang menyediakan layanan ini dan bertransaksi langsung dengan individu untuk kebutuhan seperti ruang sewa, naik berbagi, dan sederhana tugas. Tren serupa juga terjadi bagi perusahaan tradisional. Platform seperti InnoCentive memungkinkan perusahaan untuk memasuki pasar tradisional untuk mengatasi masalah penelitian dan pengembangan tertentu. Dalam beberapa hal, LinkedIn menjadi pasar berdiri untuk bakat, menciptakan database yang dicari bagi karyawan dan pengusaha supaya dapat berkonsultasi ketika skillsets tertentu diperlukan.

Sosial media akan memiliki efek yang sangat mengganggu pada bisnis karena memberikan mekanisme alternatif untuk mewujudkan fungsi-fungsi kunci dari perusahaan - integrasi pengetahuan dan pengurangan biaya transaksi. Akibatnya, perusahaan yang sukses mungkin terlihat sama sekali berbeda karena media sosial.

Perhatikan contoh IBM, pelopor di bidang bisnis sosial. Selama dua dekade terakhir, IBM telah berubah dari yang paling tradisional perusahaan untuk satu yang sebagian besar virtual, dengan hampir 40% dari karyawan yang bekerja di luar kantor IBM tradisional. Tapi itu tidak hanya didirikan perusahaan yang mendapatkan keuntungan dari sosial - bukan oleh tembakan panjang. Perusahaan yang gagal untuk berubah dengan teknologi baru ini dapat menderita lebih kecil, pesaing gesit. Craigslist, misalnya, adalah sebuah perusahaan dari 40 orang yang mengambil $ 5 miliar pendapatan dari industri surat kabar.

Banyak eksekutif waspada terhadap bisnis sosial, mengaitkannya dengan sensasi yang tidak berkelanjutan. Agar adil, reputasi ini tidak selalu berdasar. Banyak platform media sosial dan tren penuh janji akhirnya gagal untuk memberikan nilai jangka panjang. Contoh klasik: MySpace, sekali di atas dunia media sosial pada akhir 2008, dan sekarang ada hanya sebagai memori rebranded dari diri. Banyak perusahaan berinvestasi di dunia maya Second Life, hanya untuk melihat jatuhnya platform yang datar dan yang menjanjikan bisnis menguap.

Karena ini dan contoh-contoh masa lalu lainnya, eksekutif mungkin waspada terhadap awal inisiatif bisnis sosial, percaya bahwa bisnis sosial secara keseluruhan akan mengikuti nasib yang sama. Saya tidak bisa mengatakan mereka salah untuk menjadi curiga terhadap sekitar teknologi media sosial tertentu atau platform, tetapi eksekutif juga harus tetap terbuka untuk kemungkinan yang sangat nyata bahwa media sosial secara fundamental dapat mengubah bisnis, seperti teknologi lainnya yang mendahuluinya telah dilakukan. "Burung awal menangkap cacing" tidak selalu berlaku dalam bisnis - kita semua pernah mendengar cerita tentang "pengadopsi awal" yang akhirnya berharap mereka akan mengadopsi sesedikit kemudian - tapi itu universal benar bahwa burung yang tidak dapat menahan angin dengan tidak sama sekali.

No comments:

Post a Comment